Visi & Misi

“Membangun Infrastruktur untuk Mewujudkan Kabupaten Puncak yang Semakin Damai, Rakyat Sehat, Terdidik, dan Sejahtera”

Penjelasan VISI

Membangun Infrastruktur adalah sebuah program prioritas wajib yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, khususnya untuk mengatasi masalah keterisolasian, ketertinggalan, dan tingkat kemahalan harga yang selama ini menjadi kendala terbesar dalam pembangunan menuju kesejahteraan masyarakat. Pembangunan infrastruktur yang merupakan kelanjutan dan peningkatan dari periode pemerintahan sebelumnya akan meliputi pembangunan infrastruktur transportasi (darat dan udara), komunikasi, energi, perumahan dan fasilitas umum perekonomian, serta infrastruktur penyediaan air bersih.

Semakin Damai mengandung pengertian terwujudnya tata kehidupan social yang aman, tentram, dan damai paska konflik sosial politik (2011-2012) dilanjutkan dengan tahap konsoldiasi (2013-2014) berbarengan dengan tahap pembangunan infrastruktur, Pendidikan, kesehatan, dan perekonomian selama lima tahun.

Rakyat Terdidik yaitu rakyat yang memiliki ilmu dan pengetahuan yang cukup baik secara formal dan non formal sehingga kreatif dan inovatif dalam bekerja dan menjalani kehidupannya serta mampu secara aktif berinteraksi dengan lingkungannya dan berpartisipasi dalam pelaksanaan pembangunan daerah masyarakat.

Sejahtera mengandung arti bahwa rakyat Kabupaten Puncak Memiliki kemampuan ekonomi, sosial dan budaya unutk menjalankan kehidupannya secara aman dan nyaman serta tercukupi kebutuhan sandang pangan papan dan segala kebutuhan dasar lainnya. Rakyat sejahtera diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan serta memiliki interaksi yang positif dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

MISI

  1. Membangun Infrastruktur Dasar dan Insfrastruktur Ekonomi di Distrik dan Kampung
  2. Pembangunan Sosial dan Pengembangan SDM yang Terdidik dan Sehat yang Memiliki Daya Saing Tinggi.
  3. Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat
  4. Subsidi Angkutan Udara dalam rangka Menyediakan Kebutuhan Pokok bagi Masyarakat dengan Harga Murah.
  5. Mengembangkan Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih,Transparan, Profesional dan Akuntabel Berorientasi Pelayanan Publik yang Prima.

NILAI-NILAI INTI DAN BUDAYA PEMERINTAH (WANDIK-MURIB)

Nilai-nilai inti dan budaya pemerintah yang akan dibangun sebagai landasan kinerja pembangunan Kabupaten Puncak periode 2018 – 2013 adalah:

Wibawa, Akuntabel, Nyata Berkarya, Dedikasi, Integritas, Kepemimpinan, Merakyat, Unggul, Responsif, Inisiatif, Bermatabat.

WIBAWA : Kami berkomitmen untuk menjadi pemimpin sekaligus pelayan masyarakat yang selalu menjaga wibawa, yaitu pemimpin yang selalu menjaga nama baik diri, nama baik daerah, dan nama baik masyarakat, serta siap menjaga harkat dan martabat masyarakat kabupaten Puncak dengan cara mewujudkan apa yang menjadi cita-cita Bersama

AKUNTABEL : Kami Bersama masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) akan menjalankan amanat pemerintahan dan mengelolah sumberdaya pembangunan secara bertanggung jawab, hati-hati, optimal, lestari untuk kepentingan masyarakat secara berkelanjutan.

NIAT BAIK : Upaya mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di kabupaten Puncak hanya akan terwujud jika segenap pejabat dan pegawai Pemerintah Daerah memiliki NIAT BAIK untuk melayani masyarakat dan membangun daerah.  NIAT BAIK menjadi spirit penyemangat bagi segenap pemangku kepentingan untuk terus berkarya dengan tujuan baik semata-mata demi kemajuan bersama dan kesejahteraan masyarakatnya.

DEDIKASI: Tidak ada pekerjaan apapun yang bias berhasil tanpa adanya Dedikasi. Oleh karena itu kami bertekad untuk bersama rakyat membangun daerah dengan penuh dedikasi. Sebagai putra asli Puncak kami siap mendedikasikan segenap tenaga, pikiran, waktu, dan seluruh jiwa raga kami untuk kemajuan kabupaten Puncak.

INTEGRITAS : Integritas adalah kesanggupan untuk melaksanakan tugas pemerintahan secara totaldan lebih mendahulukan kepentingan masyarakat dan kepentingan daerah sibandingkan kepentingan pribadi dan keluarga. Tekad kami adalah mejaga integritas sebagai pemimpin daerah, dan akan selalu mengajak masyarakat untuk menjaga integritas demi kemajuan bersama.

KEPEMIMPINAN : Kepemimpinan kami di kabupatenn Puncak sepenuhnya diarahkan untuk pencapaian dan perwujudan cita-cita masyarakat meraih kesejahteraan. Bagi kami, kepemimpinan bukanlah tentang posisi dan kekuasaan. Kepemimpinan adalah tindakan untuk melakukan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat. Kepemimpinan harus pula diikuti dengan kemampuan manajemen pemerintahan yang sangat dibutuhkan untuk mendukung kemajuan daerah.

MERAKYAT : Sebagai pimpinan daerah yang didukung dan dipilih langsung oleh rakyat maka kami harus selalu dekat dan berada bersama rakyat. Demikian juga dalam gerak pembangunan daerah, kami mengedepankan nilai-nilai demokrasi kerakyatan yang maknanya adalah “dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat”. Bagi kami, rakyatadalah ibarat Ibu Kandung di mana dari perut mareka kami dilahirkan, dan kami akan selalu berjuang bersama Ibu kandung kami.

UNGGUL : Sebagai putra asli Puncak yang dipercaya memimpin daerah kami harus mengutamakan sifat unggul, yaitu keutamaan-keutamaan yang menunjukan bahwa kami adalah pemimpin yang lebih baik dari yang lain. Sifat unggul sangat berbeda dengan arogan atau kesombongan. Unggul artinya kami harus memiliki kelebihan-kelebihan disbanding yang lain, namun kelebihan tersebut harus bermakna kebaikan dan kemanfaatan bagi kemajuan daerah.

RESPONSIF : Era pemerintahan modern saat ini mengharuskan adanya pemimpin yang bersikap responsif, yaitu cepat tanggap terhadap aspirasi dan kebutuhan masyarakat. Pemimpin responsif juga dituntut harus mempu membawa birokrasi Pemerintahan Daerah menjadi birokrasi yang responsif, yang mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan.

INOVATIF : Kemajuan daerah sangat ditentukan oleh sikap Inovatif yang ditunjukkan oleh pemimpinnya. Sebagai pimpinan daerah kami akan selalu melakukan berbagai Inovasi positif dalam tata kelola pemerintahan maupun kemasyarakatan sehingga mampu membangun kemajuan daerah secara lebih akseleratif. Adalah tugas kami juga untuk memotivasi masyarakat melakkan berbagai terobosan ataupun inovasi positif dalam pembangunan daerah.

BERMARTABAT : Pada akhirnya semua yang sudah kami sebutkan di atas harus dilakukan dengan cara yang bermatabat. Semua tindakan kami sebagai pimpinan daerah harus dilakukan dengan menjaga nilai-nilai luhur serta norma budaya, dilakukan secara bermartabat. Menjaga martabat artinya juga kami harus selalu menjaga kejujuran, kedisiplinan, kerja keras, akntablitas, integritas, dan dedikasi dalam menjalanakan tugas sehari-hari